CONTOH PROGRAM REMEDIAL PEMBELAJARAN

Posted by PEMBELAJARAN IPA on Sabtu, 12 Maret 2016

CONTOH PROGRAM REMEDIAL PEMBELAJARAN


CONTOH PROGRAM REMIDIAL

Sekolah                                 :     SMP Negeri  ............
Kelas / Semester                   :     VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran                      :     Matematika
Ulangan Harian  ke                :     2
Tanggal Ulangan Harian         :     1 Maret 2016
Bentuk Soal UH                    :     Uraian
Materi UH  (KD/Indikator)       :    4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1.    Menghitung keliling lingkaran
2.    Menghitung luas lingkaran.
3.    Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
Rencana Ulangan Rem         :     8 Maret 2016
KKM                                 :     70

No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Indikator yang tidak dikuasai
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes  Remidial
Nilai Tes Rem
Ket.
( 1 )
( 2 )
( 3 )
( 4 )
( 5 )
( 6 )
(7)
(8)
1.
Ahmad
65
2, 3
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1, 2, 3, 4
85
Tuntas
2.
Badrun
68
3
Diberikan Tugas khusus
3, 4
98
Tuntas
3.
Dst…………






Pandeglang, ……………
Guru Mata Pelajaran


UMAR MUHADI
NIP.
Keterangan :
·         Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran berbeda-beda
        Misalnya     :    Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
                               Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
·         Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya  dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa Ahmad dan Badrun  memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 70 (batas ketuntasan).

Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1.      Cara yang dapat ditempuh
a.       Pemberianbimbingan secara khusus dan peroranganbagipesertadidik yang belumataumengalamikesulitandalampenguasaan KD tertentu.
b.      Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
    Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a.         Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
b.         Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
c.         Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.      Materi dan waktu pelaksanaan program remedial:
a.       Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator  yang belum tuntas.
b.      Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti  tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam  satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran  remedial:
·         Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
·         Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%.
·         Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.

CONTOH PROGRAM PENGAYAAN

Sekolah                            :  SMP Negeri ...............
Kelas / Semester              :   VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran                 :   Matematika
KKM Mata Pelajaran       :  70
Ulangan Harian  ke                :     2
Tanggal Ulangan Harian         :     1 Maret 2016
Bentuk Soal UH                    :     Uraian
Materi UH  (KD/Indikator)       :    4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1.    Menghitung keliling lingkaran
2.    Menghitung luas lingkaran.
3.    Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.

No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan
1.
Cicih
90
Contoh:
1.     Memberikan soal-soal  pemecahan masalah, misalnya soal-soal Olimpiade yang terkait dengan materi lingkaran.
2.     Memanfaatkan  Cicih dan Dudung untuk menjadi Tutor Sebaya
2.
Dudung
100

Dst ……………..

Pandeglang,……………
Guru Mata Pelajaran


UMAR MUHADI
NIP.
Pelaksanaan Program Pengayaan
1.      Cara yang dapat ditempuh:
a.      Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu
b.      Pemberian tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan/paragraf, dll.
c.       Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d.      Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.

2.      Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a.       Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator  yang dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b.      Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
·         setelah mengikuti tes/ulangan  KD tertentu  atau  kesatuan KD tertentu, dan  atau
·         pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan

Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran,  kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.

Blog, Updated at: 05.08

0 komentar:

Posting Komentar


jadwal-sholat

Admin



MAMAT RAHMAT

Cari Blog Ini

Statistik Pengunjung

Followers

JANGAN LEWATKAN

20 CERITA HUMOR TERLUCU

 20 CERITA HUMOR TERLUCU 1. Cerita Lucu Di Pengadilan Hakim: "Anda kenal dengan tersangka?" Saksi: "Tidak pak!&quo...

CB