MASALAH UNBK JADI EVALUASI KEMDIKBUD

Posted by PEMBELAJARAN IPA on Kamis, 07 April 2016

MASALAH UNBK JADI EVALUASI KEMDIKBUD

Ujian nasional berbasis komputer (UNBK) yang digadang-gadang minim kecurangan serta dinilai lebih efektif dan efisien masih mengalami berbagai kendala. Selain masalah teknis terkait server dan listrik, ditemukan juga beberapa foto soal UNBK yang tersebar di media sosial.
Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Nizam mengatakan, segala hal yang menjadi kendala dalam UNBK akan dijadikan sebagai evaluasi untuk pelaksanaan UNBK tahun depan.

"Perlu diketahui UNBK sudah dari Sabang hingga Merauke, ini merupakan apresiasi kesungguhan dari sekolah, pemda, guru, juga siswa," terangnya di Kemdikbud Jakarta, Kamis (7/4/2016).
Mengenai masalah terkait UNBK, ucap Nizam, pihaknya selalu melakukan verivikasi dan validasi terlebih dahulu. Begitu sudah teridentifikasi baru dilemparkan ke pihak yang berwenang. Seandainya terbukti tindak kriminal akan diserahkan ke polisi.
"Yang penting anak tidak terganggu dan diracuni dengan hal-hal yang tidak bertanggung jawab," sebutnya.
Nizam menuturkan, foto soal-soal UNBK maupun UN berbasis kertas merupakan salah satu bentuk penyebaran dokumen negara. Menurut dia, ke depan perlu ada pengaturan jadwal ujian antara UNBK dan UN PBT.
"Kalau dokumen negara itu tidak boleh disebarkan sebelum dipublish hasilnya. Jadi potret soal yang diupload juga termasuk pembocoran dokumen negara. Tetapi itu juga belum tentu bisa menguntungkan satu sama lain. Ke depan mungkin jadwalnya tidak dibedakan, sehingga UNBK dan UN PBT bersamaan. Akan segera dikoordinasikan dengan BSNP," paparnya.
Sementara Mendikbud Anies Baswedan menambahkan, penyebaran foto soal UNBK tidak berdampak pada pelaksanaan UN. Sebab, dari segi soal juga berbeda, walaupun ada beberapa yang memang sama karena untuk variasi.
"Dilihat juga foto soal UNBK dan UN PBT itu waktu pemotretannya. Karena jadwal ujiannya juga berbeda. Nah, ini ke depan bisa menjadi masukan untuk masalah jadwal," pungkasnya.


Blog, Updated at: 17.55

0 komentar:

Posting Komentar


jadwal-sholat

Admin



MAMAT RAHMAT

Cari Blog Ini

Statistik Pengunjung

Followers

JANGAN LEWATKAN

20 CERITA HUMOR TERLUCU

 20 CERITA HUMOR TERLUCU 1. Cerita Lucu Di Pengadilan Hakim: "Anda kenal dengan tersangka?" Saksi: "Tidak pak!&quo...

CB