MENGINTIP TONGGAK SEJARAH HARI KEBANGKITAN NASIONAL 20 MEI SEBAGAI AWAL BERDIRINYA ORGANISASI BOEDI OETOMO (20 MEI 1908) !

Posted by PEMBELAJARAN IPA on Kamis, 19 Mei 2016

MENGINTIP TONGGAK SEJARAH HARI KEBANGKITAN NASIONAL 20 MEI SEBAGAI AWAL BERDIRINYA ORGANISASI BOEDI OETOMO (20 MEI 1908) !

Hari kebangkitan nasional diperingati setiap 20 Mei. namun tahukah anda mengenai sejarah kenapa setiap 20 Mei diperingati sebagai hari kebangkitan nasional? Oleh karena itu, mari kita ulas sedikit sejarah mengenai hati kebangkitan nasional ini.


Jika dilihat dari namanya saja sudah terlihat secuil makna dari hari kebangkitan nasional ini. Tentu saja dahulu masyarakat masih belum kokoh, masih belum bersatu pada zaman penjajahan. Oleh sebab itu, nama bangkit ini bisa disematkan usai munculnya sebuah pergerakan besar untuk melawan penjajah dengan lebih terkoordinir dan serentak. Hal itu yang mampu membuat masyarakat Indonesia secara berangsur-angsur keluar dari penjajahana Belanda dan Jepang.
Makna dari hari kebangkitan nasional sendiri kini bisa mengacu kepada masa dimana bangkitnya rasa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. hal inilah yang sebelumnya tidak pernah muncul dalam masyarakat republik Indonesia.
Diambilnya tanggal 20 Mei ini ternyata bertepatan dengan berdirinya organisasi Boedi Outomo 20 Mei 1908. Sedangkan ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 merupakan momen besar lainnya dalam kebangkitan bangsa Indonesia.
Tokoh yang berpengaruh dalalm kebangkitan nasional ini sangatlah banyak. Diantara tokoh tersebut adalah Sutomo, Ir. Soekarno, Dr. Tjipto Mangunkusumo, Raden Mas Soewardi Soerjaningrat / Ki Hajar Dewantara, Dr. Dowes Dekker dan masih banyak lagi.
Dengan dipelopori oleh Soetomo, timbulah niat di kalangan pelajar STOVIA di Jakarta untuk mendirikan sebuah perhimpunan di kalangan pelajar. Hal ini dimaksudkan untuk menambah pesatnya usaha untuk mengejar ketertinggalan bangsa. Langkah pertama yang dilakukan adalah mengirimkan surat-surat untuk mencari hubungan dengan muri-murid di kota lain di luar Jakarta.
Lalu pada hari Sabtu tanggal 20 Mei 1908 tepatnya pukul 09.00. Soetomo bersama teman-temannya yakni M. Soeradji, M. Muhammad saleh, M. Soewarno, M. Goenawan, Soewarno, R.M. Goembrek, dan R. Angka berkumpul dalam satu ruangan kulaih anatomi. Setelah dibicarakan dengan matang, munculah nama Boedi Oetomo.
Boedi artinya adalah perangai atau tabiat sedangkan Oetomo berarti baik atau luhur. Arti nama Boedi Oetomo yang dimaksud oleh pendirinya adalah perkumpulan yang akan mencapai suatu berdasarkan atas keluhuran budi, kebaikan dan perangai atau tabiat dan kemahirannya.


Blog, Updated at: 20.00

0 komentar:

Posting Komentar


jadwal-sholat

Admin



MAMAT RAHMAT

Cari Blog Ini

Statistik Pengunjung

Followers

JANGAN LEWATKAN

20 CERITA HUMOR TERLUCU

 20 CERITA HUMOR TERLUCU 1. Cerita Lucu Di Pengadilan Hakim: "Anda kenal dengan tersangka?" Saksi: "Tidak pak!&quo...

CB